January 5, 2014

DIY Obat batuk jeruk nipis

Hi girls..

Tahun baru, super duper ya euphoria nya.
Too bad, saya malah kena batuk pas tahun baru, karena terlalu semangat makan snack natal~ ditambah hujan yang come and go. Ada yang sedang batuk juga? nggak ada salahnya loh, nyoba resep herbal tradisional yang Indonesia bangeud ini sebelum mengkonsumsi obat batuk apotik terutama buat kalian yang punya tendensi kena side effect obat.

Emang ya - terutama buat kita yang tinggal di kota besar, obat batuk kayak gini kayaknya eeeuuww banget!!! I tried, my best friend gave the recipe waktu saya kena batuk selama lebih dari sebulan setelah 2 kali ke dokter dan nggak ngefek sama sekali.  Hasilnya? sembuh seketika buat saya.


Caranya super simple!


 Potong jeruk nipisnya, lalu peras.


Tambahkan kecap, atau madu. 
Proporsinya, kalau saya 1 jeruk + 4sendok teh kecap manis.

Secara herbal sebenarnya fungsi kecap hanya sebagai pemanis, jadi bisa diganti dengan air gula atau madu. Tapi kalau yang pernah saya dengar dari dokter saya di Jepang, gula - dan pemanis alami lainnya bisa berguna untuk melapisi bulu bulu halus yang ada di kerongkongan supaya tidak sensitif ketika terkena hal yang membuat kita batuk. Nah kecap kan mengandung pemanis alami juga ya.



Aduk rata! and..


Tadaaaa~ 

Kalau batuk, nggak mesti minum obat apotik lagi kan? Coba herbal lebih sehat. Baunya bisa lebih dominan jeruknya, bisa lebih dominan kecapnya - tergantung proporsi yang kita campurkan, tapi rasanya not bad at all kok.. :)
By the way, karena dia berasa asam, jadi yang punya maag jangan lupa makan dulu ya..

Fyi girls, Jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat zat lainnya yang bisa membuat otot otot di pernafasan kita menjadi lebih relax dan terkendali, hal ini yang bisa membuat batuk kita reda. Jeruk nipis adalah obat herbal yang paling gampang di dapat ya. Banyak sekali fungsinya, misalnya sebagai obat sembelit, obat jerawat, mengobati ketombe dan rambut rontok, menambah nafsu makan, menurunkan demam, mengobati suara serak (barangkali kebanyakan gorengan ato karaoke), dan lain lain. bisa juga kan kita bikin-bikin minuman fancy dengan Jeruk nipis, misalnya perasan jeruk nipis dengan sirup vanilla dan air hangat.. hmm..!!


Get well soon!

xoxo~


No comments:

Post a Comment